Bimtek Guru Belajar seri Pendidikan Inklusif
Pre Test dan Post Test
Berikut ini kami berikan referensi yang mungkin saja dapat membantu Bapak/Ibu guru untuk mengikuti Bimtek Pendidikan Inklusif.
PETUNJUK!
Jawablah soal-soal berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat!
Anda diberi waktu 50 menit untuk menyelesaikan 25 butir soal.
Pada tes akhir ini Anda perlu mendapat nilai >=70 untuk tuntas Bimtek, atau
minimal menjwab 19 butir soal dengan benar. Anda mendapat kesempatan hingga
tiga kali untuk mengerjakan tes ini.
Question 1 of 25
1. Question
Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:
- riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
Jawab: D
Question 2 of 25
2. Question
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta didik?
- Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
- Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Jawab: D
Question 3 of 25
3. Question
Keterbatasan atau kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari …
- Impairment
- Handicapped
- Disability
- Under Achievement
- Under Actuality
Jawab: C
Question 4 of 25
4. Question
Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …
- kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
- masalah komunikasi dan kurangnya pemahaman
- keterbatasan latar belakang pendidikan
- keterbatasan logistik
- perkembangan bahasa
Jawab: C
Question 5 of 25
5. Question
Dalam pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan eksrakurikuler yang sesuai dengan kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih tepat menggambarkan konsep …
- to work
- to learn
- to live
- to love
- to play
Jawab: E
Question 6 of 25
6. Question
Salah satu tujuan planning matrix adalah ….
- menemukenali dan menandai peserta didik
- membuat program bagi PDBK
- memetakan kondisi aktual PDBK
- mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara PDBK
- mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik
Jawab: C
Question 7 of 25
7. Question
Peserta didik yang menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki minat untuk bekerja sama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan ….
- Tunanetra
- Tunarungu
- Tunagrahita
- Spektrum Autis
- Tunadaksa
Jawab: D
Question 8 of 25
8. Question
Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, di antaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial, dan emosi, diperlukan oleh guru untuk ….
- mendiagnosis peserta didik
- mengidentifikasi peserta didik
- menganalisis peserta didik
- mengases peserta didik
- memberi label peserta didik
Jawab: B
Question 9 of 25
9. Question
Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program disebut kegiatan ….
- klasifikasi
- asesmen
- identifikasi
- diagnosis
- monitoring
Jawab: B
Question 10 of 25
10. Question
PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas reguler karena kemampuan intelektualnya terbatas, maka PDBK tersebut dapat mengikuti ….
- Program Pembelajaran Individual (PPI)
- pembelajaran fleksibel
- pembelajaran berkelompok
- pembelajaran home schooling
- pembelajaran remidial
Jawab: A
Question 11 of 25
11. Question
Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….
- modifikasi
- substitusi
- eskalasi
- duplikasi
- omisi
Jawab: B
Question 12 of 25
12. Question
Guru di sekolah inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran, harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan dasar, berupa ….
- kemampuan mobilitas
- kemampuan berbahasa dan berkomunikasi
- kestabilan emosi
- kemampuan Activity Daily Living
- kemampuan berperilaku adaptif
Jawab: B
Question 13 of 25
13. Question
Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah ….
- proses
- evaluasi
- tujuan
- media pembelajaran
- materi
Jawab: C
Question 14 of 25
14. Question
Di bawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….
- lingkungan rumah dan keluarga dimana PDBK tinggal
- dukungan dan hambatan PDBK
- hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
- preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik
- riwayat tumbuh kembang
Jawab: C
Question 15 of 25
15. Question
Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan ….
- segregasi
- khusus
- integrasi
- inklusif
- reguler
Jawab: D
Question 16 of 25
16. Question
Sebuah desain harus dapat mengakomodasi berbagai pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu ….
- prinsip toleransi untuk kesalahan
- prinsip dapat digunakan oleh semua orang
- prinsip mudah digunakan
- prinsip fleksibel dalam penggunaannya
- prinsip informasi penggunaan yang jelas
Jawab: D
Question 17 of 25
17. Question
Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu ….
- prinsip learning centers (pembagian zona)
- prinsip berpusat pada anak (Child Centered)
- prinsip menarik dan menantang
- prinsip estetis
- prinsip daya guna
Jawab: B
Question 18 of 25
18. Question
Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian ….
- screening
- klasifikasi
- asesmen
- identifikasi
- referral
Jawab: D
Question 19 of 25
19. Question
Salah satu tujuan dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining. Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah ….
- menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gejala tertentu
- mengkonsultasikan anak kepada tenaga ahli yang profesional
- menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat
- mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua
- mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus
Jawab: A
Question 20 of 25
20. Question
Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:
- riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
Jawab: B
Question 21 of 25
21. Question
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
- Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
- Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
Jawab: E
Question 22 of 25
22. Question
Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula PDBK. Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan PDBK di ….
- kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
- kelas reguler (inklusi penuh)
- kelas reguler dengan cluster
- kelas reguler dengan cluster dan pull out
- kelas khusus penuh
Jawab: B
Question 23 of 25
23. Question
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
- Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
- Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
Jawab: E
Question 24 of 25
24. Question
Kegiatan mengenal atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut ….
- klasifikasi
- identifikasi
- diagnosis
- asesmen
- monitoring
Jawab: B
Question 25 of 25
25. Question
Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….
- mengidentifikasi peserta didik
- mengasesmen peserta didik
- mendiagnosis peserta didik
- memberikan label terhadap peserta didik
- menganalisis peserta didik
Jawab: A
Demikian referensi yang dapat kami berikan. Semoga Bapak/Ibu guru dapat menyelesaikan Bimtek Pendidikan Inklusif ini baik, dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan Bapak/Ibu guru tentang pendidikan inklusif.
Ditulis oleh: Bang Bukir

Komentar
Posting Komentar