Aktivitas 8 Penilaian Sistem Layanan Pembelajaran
Tahap 1 – Bimtek (Angkatan 1) Pembelajaran Hari Kedelapan Aktivitas 6 Program Pembelajaran Individual (PPI) Aktivitas 8 Penilaian Sistem Layanan Pembelajaran
Setelah Anda mempelajari materi tentang identifikasi, asesmen, planning matrix, akomodasi kurikulum dan PPI untuk mengetahui pemahaman Anda jawablah pertanyaan berikut:
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat!
Question 1 of 10Alat identifikasi diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika melakukan proses identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil kesehatan anak.
- riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
- Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi kemampuan anak.
Jawab: A
Question 2 of 10
Salah satu tujuan planning matrix adalah …
- Mengetahui perbedaan karakteristik peserta didik
- Menemukenali dan menandai peserta didik.
- Memetakan kondisi aktual akademik maupun kekhususan ABK berdasarkan hasil asesmen yang telah dilakukan
- Membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus
- Mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan diantara peserta didik berkebutuhan khusus.
Jawab: C
Question 3 of 10
Manakah pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?
- Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan peserta didik lainnya.
- Guru membuat program bagi peseta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
- Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada di sekolah atau di kelasnya.
Jawab: E
Question 4 of 10
Kemampuan pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh guru untuk ….
- Memberikan label terhadap peserta didik
- Menganalisa peserta didik
- Mengasesmen peserta didik
- Mengidentifikasi peserta didik
- Mendiagnosa peserta didik
Jawab: D
Question 5 of 10
PDBK yang tidak mampu beradaptasi di kelas regular karena kemampuan intelektualnya, dapat digunakan program….
- pembelajaran berkelompok
- Program pembelajaran individual (PPI)
- pembelajaran home schooling
- pembelajaran fleksibel
- remedial teaching
Jawab: B
Question 6 of 10
Kegiatan yang dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat program disebut kegiatan….
- klasifikasi
- identifikasi
- asesmen
- monitoring
- diagnosa
Jawab: C
Question 7 of 10
Penggantian kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah….
- Duplikasi
- Subsitusi
- Omisi
- Replikasi
- Modifikasi
Jawab: B
Question 8 of 10
Dibawah ini informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….
- Preferensi, kekuatan dan pendekatan yang tepat bagi peserta didik
- Lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal
- Dukungan dan hambatan peserta didik
- riwayat tumbuh kembang
- Hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
Jawab: E
Question 9 of 10
Orangtua Fina memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu ….
- Kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
- Keterbatasan logistik
- Masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan
- Keterbatasan latar belakang pendidikan
- perkembangan bahasa
Jawab: D
Question 10 of 10
Modifikasi kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL), kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah….
- Tujuan
- Evaluasi
- Proses
- Materi
- Media pembelajaran
Jawab: A

Komentar
Posting Komentar