Aktivitas 7. Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

 

Tahap 1 – Bimtek (Angkatan 1) Pembelajaran Hari Kelima Bagian 1 Aktivitas 7. Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif

 


 

Setelah Anda mempelajari materi tentang Konsep Dasar Pendidikan Inklusif, untuk mengetahui pemahaman Anda jawablah pertanyaan berikut:

Petunjuk:

Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat!

Klik tombol di kanan bawah untuk menuju pertanyaan berikutnya, dan
pada pertanyaan terakhir klik tombol di kanan bawah untuk mengirim jawaban.

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  1. Current
  2. Review
  3. Answered
  4. Incorrect
  1. Question 1 of 5

Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…

    • Prinsip estetis
    • Prinsip learning centers (pembagian Zona)
    • Prinsip berpusat pada anak (Child Centered)
    • Prinsip daya guna
    • Prinsip menarik dan Menantang

Jawab: C

 

Question 2 of 5

Sebuah desain harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…

  • Prinsip informasi penggunaan yang jelas
  • Prinsip fleksibel dalam penggunaannya
  • Prinsip dapat digunakan oleh semua orang
  • Prinsip toleransi untuk kesalahan
  • Prinsip mudah digunakan

Jawab: B

Question 3 of 5

Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…

  • Integrasi
  • Inklusif
  • Segregasi
  • Khusus
  • Reguler

Jawab: B

Question 4 of 5

Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan  kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…

  • Kelas reguler (inklusi penuh)
  • Kelas reguler dengan cluster
  • Kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
  • Kelas reguler dengan cluster dan pull out
  • Kelas khusus penuh

Jawab: A

Question 5 of 5

Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…

  • Asesmen
  • Referal
  • Klasifikasi
  • Screening
  • Identifikasi

Jawab: E

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TIPS DAN TRIK LULUS UJI KINERJA (UKIN) PORTOFOLIO UJI KINERJA MAHASISWA PENDIDIKAN PROFESI GURU (UKMPPG)

ChatGPT ! Ancaman atau Kemudahan Bagi Manusia?

Apa penyebab Video Youtube Sepi Penonton, Sementara Punya Pelanggan (Subscriber) Puluhan Ribu?