Aktivitas 7. Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
Tahap 1 – Bimtek (Angkatan 1) Pembelajaran Hari Kelima Bagian 1 Aktivitas 7. Penilaian Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
Setelah Anda mempelajari materi tentang Konsep Dasar Pendidikan Inklusif, untuk mengetahui pemahaman Anda jawablah pertanyaan berikut:
Petunjuk:
Jawablah pertanyaan berikut dengan memilih jawaban yang paling tepat!
Klik tombol di kanan bawah untuk menuju pertanyaan berikutnya,
dan
pada pertanyaan terakhir klik tombol di kanan bawah untuk
mengirim jawaban.
- 1
- 2
- 3
- 4
- 5
- Current
- Review
- Answered
- Incorrect
- Question 1 of 5
Penataan ruang kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…
- Prinsip estetis
- Prinsip learning centers (pembagian Zona)
- Prinsip berpusat pada anak (Child Centered)
- Prinsip daya guna
- Prinsip menarik dan Menantang
Jawab: C
Question 2 of 5
Sebuah desain harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah anak, yaitu…
- Prinsip informasi penggunaan yang jelas
- Prinsip fleksibel dalam penggunaannya
- Prinsip dapat digunakan oleh semua orang
- Prinsip toleransi untuk kesalahan
- Prinsip mudah digunakan
Jawab: B
Question 3 of 5
Pendidikan yang tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari pendidikan…
- Integrasi
- Inklusif
- Segregasi
- Khusus
- Reguler
Jawab: B
Question 4 of 5
Pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan kegiatan proses belajar mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK. Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan khusus di…
- Kelas reguler (inklusi penuh)
- Kelas reguler dengan cluster
- Kelas khusus dengan berbagai pengintegrasian
- Kelas reguler dengan cluster dan pull out
- Kelas khusus penuh
Jawab: A
Question 5 of 5
Proses menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran. Merupakan pengertian dari…
- Asesmen
- Referal
- Klasifikasi
- Screening
- Identifikasi
Jawab: E

Komentar
Posting Komentar